UML sendiri tidak hanya merupakan sebuah bahasa pemograman visual saja,
namun juga dapat secara langsung dihubungkan ke
atau bahkan dihubungkan secara langsung
ke dalam sebuah object-oriented
Diagram yg sering digunakan ada 5 macam yaitu :
1.use case diagram
2.Activaty diagram
3.Sequence diagram
4.Class diagram
5.Deployment diagram
pengertian use case sendiri adl
abstraksi dari interaksi antara system dari actor.use case bekerja dengan cara mendeskripsikan
tipe interaksi antara user sebuah system dengan sistemnya sendiri melalui sebuah cerita bagaimana sebuah system dipakai.
use case merupakan konstrukis untuk mendeskripsikan bagaimana system akan terlihat dimata user.
sedangkan use case diagram memfasilitasi komunikasi diantara dari pengguna antara analisi dan client
Diagram Use Case berguna dalam tiga hal :
Menjelaskan fasilitas yang ada (requirements)
Use Case baru selalu menghasilkan fasilitas baru ketika sistem di analisa, dan design menjadilebih jelas.
Komunikas dengan klien
Penggunaan notasi dan simbol dalam diagram Use Case membuat pengembang lebih mudah berkomunikasi dengan klien-kliennya.
Membuat test dari kasus-kasus secara umum
Kumpulan dari kejadian-kejadian untuk Use Case bisa dilakukan test kasus layak untuk kejadian-kejadian tersebut.
Activity Diagram
Pada dasarnya diagram Activity sering digunakan oleh
flowchart
. Diagram iniberhubungan dengan diagram Statechart. Diagram Statechart berfokus pada
obyek yangdalam suatu proses
(atau proses menjadi suatu obyek), diagram Activity berfokus pada
aktifitas-aktifitas yang terjadi yang terkait dalam suatu proses tunggal
. Jadi dengankata lain, diagram ini menunjukkan bagaimana aktifitas-aktifitas tersebut bergantung satu
sama lain. Sebagai contoh, perhatikan proses yang terjadi. “Pengambilan uang dari bankmelalui ATM.” Ada tiga aktifitas kelas (orang, dan
lainnya) yang terkait yaitu : Customer,ATM, and Bank. Proses berawal dari lingkaran start hitam pada bagian atas dan berakhir dipusat lingkaran
stop hitam/putih pada bagian bawah. Aktivitas digambarkan dalam bentukkotak persegi
Diagram Activity dapat dibagi menjadi beberapa jalur kelompok yang menunjukkan obyek mana yang bertanggung jawab untuk suatu aktifitas. Peralihan tunggal (
single transition
)timbul dari setiap adanya
activity
(aktifitas), yang saling menghubungi pada aktifitas berikutnya.
Sebuah
transition
(transisi) dapat membuat cabang ke dua atau lebih percabangan
exclusivetransition
(transisi eksklusif). Label
Guard Expression
(ada didalam [ ]) yang menerangkan output (keluaran) dari percabangan. Percabangan akan menghasilkan bentuk menyerupai bentuk intan. T
ransition
bisa bercabang menjadi beberapa aktifitas paralel yang disebut Fork.
Fork beserta join
(gabungan dari hasil output
fork
) dalam diagram berbentuk
solid bar
(batang penuh).
3.
Sequence Diagram
Diagram Class dan diagram Object merupakan suatu gambaran
model statis
. Namun ada jugayang bersifat
dinamis
, seperti
Diagram Interaction
. Diagram sequence merupakan salah satudiagram Interaction yang menjelaskan bagaimana suatu operasi itu dilakukan;
message
(pesan) apayang dikirim dan kapan pelaksanaannya. Diagram ini diatur berdasarkan waktu. Obyek-obyek yang berkaitan dengan proses berjalannya operasi diurutkan dari kiri ke kanan berdasarkan waktuterjadinya dalam pesan yang terurut. Di bawah ini adalah diagram Sequence untuk pembuatan HotelReservation. Obyek yang mengawali urutan
message
a
dalah „aReservation Window
Reservation window‟ mengirim pesan
makeReservation()
ke „HotelChain‟.Kemudian „HotelChain‟ mengirim pesan yang sama ke „Hotel‟. Bila „Hotel‟ punya kamar
kosong,
maka dibuat „Reservation‟ dan „Confirmation‟.
Lifeline
adalah garis dot (putus-putus)vertikal pada gambar, menerangkan waktu terjadinya suatu obyek. Setiap panah yang ada adalah pemanggilan suatu pesan. Panah berasal dari pengirim ke bagian paling atas dari batang kegiatan(
activation bar
) dari suatu pesan pada
lifeline
penerima.
Activation bar
menerangkan lamanya
suatu pesan diproses. Pada gambar diagram , terlihat bahwa „Hotel‟ telah melakukan
pemanggilan diri sendiri untuk pemeriksaan jika ada kamar kosong. Bila benar, maka
„Hotel‟membuat „Reservation‟ dan „Confirmation‟. Pemanggilan diri sendiri disebut
dengan
iterasi
.
Expression
yeng dikurung dengan “[ ]”, adalah
condition
(keadaan kondisi). Padadiagram dapat dibuat
note
(catatan). Pada gambar, terlihat seperti selembar kertas yang berisikanteks.
Note
bisa diletakan dimana saja pada diagram UML.
Class Diagram
Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek danmerupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkankeadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasikeadaan tersebut (metoda/fungsi). Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment , pewarisan, asosiasi,dan lain-lain.
Class memiliki tiga area pokok :
1. Nama (dan stereotype)
2. Atribut
3. Metoda
Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut :
Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan
Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya
Public, dapat dipanggil oleh siapa saja
Class dapat merupakan implementasi dari sebuah interface, yaitu class abstrak yanghanya memiliki metoda.Interface tidak dapat langsung diinstansiasikan, tetapi harusdiimplementasikan dahulu menjadi sebuah class. Dengan demikian interface mendukung resolusimetoda pada saat run-time. Sesuai dengan perkembangan class model, class dapatdikelompokkan menjadi package. Kita juga dapat membuat diagram yang terdiri atas package.
Hubungan Antar Class
1.
Asosiasi, yaitu hubungan statis antar class . Umumnya menggambarkan class yang memilikiatribut berupa classlain, atau class yang harus mengetahui eksistensi class lain.Panah navigability menunjukkan arah query antar class.
2.
Agregasi, yaitu hubungan yang menyatakan bagian (“terdiri atas..”).
3.
Pewarisan, yaitu hubungan hirarkis antar class . Class dapat diturunkan dari class lain danmewarisi semua atribut dan metoda class asalnya dan menambahkan fungsionalitas baru,sehingga ia disebut anak dari class yang diwarisinya. Kebalikan dari pewarisan adalahgeneralisasi.
4.
Hubungan dinamis, yaitu rangkaian pesan ( message ) yang di-passing darisatu class kepada class lain. Hubungan dinamis dapat digambarkan denganmenggunakan sequence diagram yang akan dijelaskan kemudian.
Deployment Diagram
Deployment/physical diagram
menggambarkan detail bagaimana komponen di-
deploy
dalam infrastruktur sistem, di mana komponen akan terletak (pada mesin, server atau piranti keras apa), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, danhal-hal lain yang bersifat fisikal Sebuah
node
adalah server,
workstation
, atau piranti keras lainyang digunakan untuk men-
deploy
komponen dalam lingkungan sebenarnya. Hubunganantar
node
(misalnya TCP/IP) dan
requirement
dapat juga didefinisikan dalam diagram ini
Maaf BAGi Para Pengunjung WEB kami Kurang Bagus DAn Kurang Jelas Karna Kesalahan Admin
BalasHapusTerimakasih
BalasHapus5 Ways To Keep Playing Mega Drive and Genesis Classics on Switch
BalasHapusThat said, the company has 메리트카지노 finally announced the launch of its new console, Mega Drive and Genesis Classics on Nintendo Switch. As of casinosites press